KEINDDAHAN KAKTUS MINI DAN CARA MERAWATNYA - DUNIA TANAMAN HIAS

Breaking

KEINDDAHAN KAKTUS MINI DAN CARA MERAWATNYA

KEINDDAHAN KAKTUS MINI DAN CARA MERAWATNYA














 CARA MERAWATNYA
  1. Jika tanaman kaktus kamu diletakkan dalam ruangan, Angin-anginkan kaktus kamu paling tidak 3 hari sekali. Kenapa ini harus dilakukan? Biasanya tanaman kaktus yang diletakkan dalam ruangan akan lembab. Jika hal ini terus dibiarkan akan membuat tanaman kaktus mati secara perlahan. Namun berbeda jika tanaman kaktus kamu letakkan pada tempat yang cukup mendapat sinar matahari. Hal ini tidak perlu lagi kamu lakukan karena tanaman kaktus tidak akan lembab.
  2. Meski membutuhkan sinar matahari seperti yang telah disebutkan pada poin 1, namun tetap saja kamu tidak boleh membiarkan tanaman kaktus untuk terkena sinar matahari langsung. Jika kamu meletakkan tanaman kaktus ditempat yang mudah terkena sinar matahari secara langsung, bagian ujung tanaman kaktus akan berubah warna menjadi coklat kehitaman yang berarti tanaman kaktus kamu sudah terbakar.
  3. Dalam merawat kaktus, penyiraman air sebaiknya dilakukan antara 3 sampai 7 hari tergantung dari kondisi cuaca di daerah kamu. Seperti yang telah saya sebutkan pada paragraph ketiga artikel ini, kamu harus menyesuaikan cuaca dalam menyiram tanaman kaktus. Saat cuaca kering atau kemarau kamu bisa menyiramnya 3 hari sekali. Namun jika cuaca lembab atau musim penghujan kamu bisa menyiramnya sekali dalam seminggu. Atau lebih mudahnya, kamu baru boleh menyiram kaktus saat media tanam sudah benar-benar kering. Biasanya, pada pot berukuran besar seperti 12cm, kita harus lebih menelitinya. Biasanya media tanam bagian atas memang terlihat kering namun pada bagian bawahnya masih lembab. Apalagi jika kamu menggunakan pot berukuran 24cm. Biasanya media tanam pada pot berukuran 24cm akan benar-benar kering setelah 2 sampai 3 minggu. Dalam menyiram kamu juga tidak boleh asal. kamu harus menggunakan botol spray khusus agar tanaman kaktus tidak lembab. Jika tanaman kaktus kamu lembab, biasanya bagian ujung tanaman kaktus akan terasa lembek. Penyiraman bisa kamu lakukan pada pagi atau sore hari.
  4. Pemberian pupuk untuk tanaman kaktus jenis pupuk organik adalah pupuk NPK yang bisa kamu dapatkan dari penjual tanaman. Pemberiannya juga tidak boleh asal tabur. kamu harus memasukkan pupuk kedalam media tanam kaktus. Caranya ambil atau korek bagian atas media tanam kaktus (jangan dibuang) hingga menyisakan setengah pot media tanam. Lalu masukkan/taburkan pupuk NPK. Setelah itu masukkan kembali media tanam yang kamu korek tadi. Timbun pupuk NPK yang baru saja kamu masukkan. Hal ini dilakukan agar pupuk tidak menguap sehingga hasil yang diberikan akan menjadi maksimal. Sedangkan pemberian pupuk kimia untuk kaktus bisa berbeda lagi. Pupuk kimia seperti bayfolan, vitabloom, atau yang lainnya bisa dengan menyemprotkan pupuk itu kearah tanaman kaktus. Pemupukan sebaiknya dilakukan sekali dalam sebulan. Jangan terlalu sering dipupuk karena justru akan membuat keindahan tampilannya berkurang.
  5. Gantilah media tanam pada tanaman kaktus jika kaktus tidak menunjukkan pertumbuhannya sama sekali. Buanglah media tanam lalu gunting semua akar halus pada tanaman kaktus. Jika sudah, tanaman kaktus harus dikeringkan selama 1-2 minggu ditempat yang cukup mendapatkan sinar matahari. Jika sudah barulah kamu tanam lagi menggunakan media tanam yang baru. Biarkan lagi selama 2-3 minggu tanpa perawatan atau tanpa disiram air. Setelah 2-3 minggu barulah disiram kembali dengan cara yang sama seperti pada poin 3 diatas. Jika sudah mulai terlihat pertumbuhan dan akar baru mulai muncul, kamu sudah bisa menyiramnya secara rutin. Namun jika tidak menunjukkan pertumbuhan sama sekali penyiraman harus dilakukan lebih jarang. Selain itu penggantian medai tanam juga perlu dilakukan jika pot sudah tidak muat lagi untuk tanaman kaktus kamu.